Loading...
world-news

GENERAL

Jurusan kuliah dengan biaya murah

Kalian masih bingung mau ambil jurusan apa karena ada kendala faktor keuangan maupun ekonomi orangtua yang tidak mencukupi untuk membiayai kuliah, kalian wajib tau jurusan apa aja yang biayanya murah dan bisa membantu kalian maupun orang tua kalian. Yuk kita simak sama-sama jurusan apa aja yang biayanya murah.

-         Ilmu sosial

Jurussan Ilmu sosial rata-rata di setiap kampus memiliki biaya yang murah dibandingkan dengan jurusan lain. Contoh jurusan di lingkup ilmu sosial diantaranya sejarah, bimbingan konseling, antropologi, ilmu komunikasi, dan sebagainya. Besarnya biaya kuliah kurang lebih 500rb hingga 3jt per semester. Tapi biaya tersebut berbeda-beda tiap kampus.

-         Bahasa

Untuk kamu yang ingin mengambil prodi dengan biaya yang murah jurusan ini sangatlah cocok. Selain itu, pilihan jurusan di bidang ini pun beragam seperti bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, bahasa China, bahasa Jerman, bahasa Korea, dan sebagainya. Besaran biaya antara Rp 600 ribu sampai 5 juta per semester.

-         Ekonomi

Jurusan ini juga menjadi salah satu yang memiliki biaya murah jika dibandingkan dengan jurusan yang lain. Jurusan yang bisa kamu pilih pada program studi ekonomi diantaranya yaitu seperti manajemen, ekonomi syariah, akuntansi, manajemen pembangunan, ekonomi bisnis dan lain sebagainya. Biaya 500 ribu sampai 5,5 juta per semester.

-         Teknik

Jurusan teknik identitik dengan biaya kuliah yang mahal. Namun terdapat jurusan dibidang teknik yang memiliki biaya yang lebih murah. Jurusan tersebut yaitu Teknik Pertanian, Teknik Industri, Teknik Lingkungan, Teknik Perairan, dan lainnya. Biaya rata-rata 500 ribu sampai 7 juta per semester.

-         Ilmu sains

Mahasiswa yang memilih jurusan ini dapat menempuh pendidikan pada program studi ini dengan biaya yang relatif lebih murah. Jurusan pada bidang ini antara lain ilmu perpustakaan, perpustakaan dan sains informasi, ilmu informasi dan lain sebagainya. Biaya 500 ribu sampai 7 juta per semester.

-         Akuakultur

Bagi kamu yang gemar dengan perairan, masuk dalam program studi akuakultur bisa menjadi pilihan yang tepat. Jurusan ini juga termasuk jurusan dengan biaya yang murah daripada jurusan lainnya. Jurusan yang bisa kamu pilih yaitu akuakultur,  manager sumber daya perairan, manjemen sumber daya akuatik, budidaya perairan dan lain sebagainya. Biaya 500 ribu - Rp 10 juta per semester.

Baca Juga